Pembuka Kata

Bismillah ar-Rahman ar-Rahim,
Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh
,

Dengan mengucap syukur ke hadirat Allah SWT, akhirnya blog “Toekang Migas” yang sedang pembaca telusuri ini tampil di hadapan publik. Sebagaimana tagline-nya, blog ini mengkhususkan diri pada pemikiran dan informasi minyak, gas bumi, dan energi nasional.  Namun tidak menutup kemungkinan pula, beberapa konten blog menampilkan topik lain yang menjadi perhatian dan minat penulis.

Kehadiran blog ini  dimaksudkan sebagai dokumentasi dunia maya yang bersifat “abadi”. Di mana tulisan-tulisan yang tersaji dalam blog ini dapat dijadikan rujukan, telaah, studi banding, penelitian dan lain-lain mengenai persoalan minyak, gas bumi dan energi nasional di Indonesia bagi generasi sekarang dan yang akan datang.

Awalnya saya berpikir apakah pemikiran-pemikiran tentang minyak, gas bumi dan energi nasional yang pernah kami kemukakan di berbagai kesempatan (seminar, diskusi, forum pembekalan, pemberitaan dan opini media massa dan sebagainya) selama ini masih dibutuhkan? Jawabnya, sekecil apapun sumbangsih pemikiran dan informasi yang sebelumnya terserak-serak itu, dan kini sedikit-demi sedikit terekspos melalui blog ini, pastilah ada manfaatnya.

Blog ini bertajuk “Toekang Migas”, sebuah inspirasi dari judul buku yang saya buat bersama beberapa rekan, Memoar Akademi Migas di Indonesia: Toekang Migas Menembus Batas, terbit pada Desember 2010 lalu. Toekang berarti kemampuan profesional yang mumpuni, karena perannya yang luas di industri migas nasional dan perusahaan migas asing di dalam dan di luar negeri.

Sebagai dokumentasi dunia maya, blog “Toekang Migas” ini akan menampilkan tulisan-tulisan seputar minyak, gas bumi dan energi nasional yang terentang sejak saya muda hingga sekarang ini. Oleh karena itu, tidak terhindarkan ada beberapa tulisan lama memuat data-data lama pula. Tidak jadi soal, sebab yang jauh lebih penting para pembaca dapat menangkap benang merah persoalan yang saya kemukakan.

Sebagaimana saya katakan di atas, mudah-mudahan kehadiran blog ini bermanfaat bagi sidang pembaca.

Atas segala komentar, kritik dan masukan berharga dari sidang pembaca yang berminat dengan blog ini, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

*****

Pos ini dipublikasikan di Personal. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pembuka Kata

  1. Mr WordPress berkata:

    Blog ini sangat menarik.

Tinggalkan komentar